Kamis, 14 April 2011

HIV-AIDS

Apa Sih HIV Itu?
HIV (Human Imunodeviciency Virus) adalah virus yang bekerja secara terus menerus hingga kekebalan tubuh penderita terus menurun secara derastis. Oran yang terkena virus ini tidak bisa mengatasi seragan dari infeksi penyakit. Bahkan kuman yang bagi orang biasa tidak menimbulkan penyakit, tapi bagi penderita HIV dapat menimbulkan kematian.
Virus ini terus menggerogoti kekebalan tubuh penderita hingga mengakibatkan gejala-gejala dan kumplan-kumpulan beberapa penyakit yang selanjutnya menjadi AIDS (Ackuired Imun Deviciency Sindrom) atau sindrom runtuhnya kekebalan tubuh. Penularan penyakit ini hanya bisa terjadi melalui sperma, darah, dan cairan vagina dengan melakukan multisexual, bergantian jarum sunti, transfusi darah, ibu hamil terhadap janinnya, dan melalui luka yang terkena cairan tubuh penderita.
Pada awalnya penderita tidak menunjukan gejala, setelah beberapa minggu penderita mualai terkena penyakit ringan seperti flu dan diare, setelah lima sampai enam tahun kemudian timbul diare berulang, penurunan berat badan secara derastis, sariawan dan pembengkakan daerah kelenjar daerah getah bening.
Penyakit mematikan ini diyakini berasal dari hewan simpanse yaitu SIV (Simian Imuno Deciency Virus) yang menyerang simpanse. Penularan pada manusia ini terjadi melalui pemburuan dan pembunuhan simpanse pada awal abad 20an atau melalui lalat sapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar