Kamis, 14 April 2011

TUMBUHAN INSEKTIVORA


Untuk bisa tetap hidup setiap mahluk hidup pasti memerlukan makanan, Begitu juga dengan tumbuhan. Ada yang membuat makanannya sendiri yaitu dengan melakukan proses Fotosintesis, mengambil langsung dari inangnya bahkan ada juga tumbuhan yang memakan hewan serangga. Tahu kah kamu seperti apakah hewan yang memakan hewan serangga ini?
Tumbuhan pemakan serangga ini dinamakan tumbuhan Insektivora. Kurang lebih ada sekitar 500 spesies tumbuhan Insektivora yang telah ditemukan di beberapa daerah di seluruh dunia misalnya saja tumbuhan Venus flytrap, Kantung semar dan lain-lain.

Gambar tumbuhan Venus flytrap 

Tumbuhan Insektivora tumbuh dan berkembang layaknya tumbuhan hijau pada umumnya. Namun tumbuhan ini membutuhkan tambahan senyawa Nitrogen yang dapat mereka peroleh dengan menangkap dan memakan serangga ataupun hewan-hewan kecil lainnya. Tumbuhan Insektivora memiliki kelenjar yang mengeluarkan cairan lengket yang berguna untuk menjerat dan mencerna mangsanya. Letak dari kelenjar ini bisa beragam tergantung spesiesnya, namun pada umumnya cairan ini terletak pada bunga ataupun daerah-daerah tertentu yang dapat menarik perhatian mangsanya untuk datang dan hinggap. Bahkan ada juga tumbuhan yang mengeluarkan bau khas dan warna mencolok untuk lebih memikat serangga.
Pada tumbuhan Venus flytrap, Setelah serangga datang dan tertarik untuk hinggap pada permukaan bunga venus yang lengket, maka sentuhan dari kaki serangga akan memberikan rangsangan pada bagian tubuh tumbuhan tersebut sehingga bagian pangkal bunga yang berbentuk engsel itu menutup dan langsung menjepit mangsanya. Setelah terperangkap di dalam bunga, tumbuhan ini mengeluarkan cairan yang mengandung enzim tripsi dan pepsin yaitu enzim yang juga terdapat pada perut hewan untuk mulai mencerna makanannya.
Daftar pustaka: Panut, et al. 2006. Dunia IPA. Bogor: Yudistira.

1 komentar: